Jababeka Residence pecahkan rekor harga apartemen tertinggi di Jakarta Timur dan wilayah Timur Jakarta. Serviced apartment Kawana Golf Residence yang dikembangkan di Jababeka Residence dipasarkan dengan harga Rp 33 juta/m2 sangat diminati investor.

Presiden Direktur Jababeka Residence, Sutedja S. Darmono mengatakan, hal ini menunjukkan kepercayaan besar dari investor yang melihat Kawana Golf Residence sebagai instrumen investasi yang bagus dengan yield sekitar 12 persen per tahun.

Dari data perusahaan, terdapat kelebihan pemesanan unit, di mana 130 unit berhasil terserap pada tahap I yang lalu (9/12). Saat ini, Jababeka Residence melakukan launching Kawana Golf Residence tahap II sebanyak 104 unit pada hari Minggu (11/9) di Jababeka Golf and Country Club.

“Para konsumen kembali mengikuti Helicopter Tour yang disediakan Jababeka untuk melihat potensi kawasan industri Jababeka dan kawasan industri lain di sekitar Cikarang,” katanya dikutip dari keterangan resmi perusahan di Jakarta, Minggu (11/3).

Kawana Golf Residence adalah hunian yang menyasar penyewa kalangan ekspatriat di kawasan Timur Jakarta karena kelebihannya yaitu lapangan Jababeka Golf and Country Club sebagai fitur utama, di mana 90 persen member-nya adalah ekspatriat Jepang dan Korea Selatan.

Dalam mengembangkan Kawana Golf Residence, Jababeka Residence mendirikan joint venture dengan perusahaan properti Jepang, Creed Group. Maka, Kawana Golf Residence akan penuh nuansa Jepang, mulai dari arsitektur, fasilitas, pelayanan, hingga makanan.

“Kawana Golf Residence merupakan apartemen pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai akses langsung untuk bermain golf dari lobby apartemen, yang merupakan poin paling penting yang membedakan apartemen ini dengan apartemen lain di Timur Jakarta. Selain itu, kita akan aktif membantu investor dalam mencari penyewa apartemen,” tegasnya.

Kawana Golf Residence akan menjadi bagian dari pengembangan kawasan Jababeka Golf City seluas 180 hektar. Jababeka Golf City memiliki konsep pengembangan premium one-stop service untuk memenuhi segala kebutuhan hidup penghuninya. Fasilitas olahraga lapangan golf seluas 86 hektar menjadi pusat dari kawasan Jababeka Golf City, dikelilingi oleh pengembangan area residensial dan komersial.

Selain Kawana Golf Residence, Jababeka Golf City juga akan mencakup pengembangan berkonsep Jepang lainnya seperti area komersial Japan Village yang berfokus pada tenant-tenant food and beverages, mixed-use development Little Tokyo yang dikembangkan bersama PT PP Properti-Jababeka dan Senior Living @DKhayangan yang merupakan joint venture Jababeka dengan Longlife City Ltd asal Jepang.

Untuk pendidikan tinggi bertaraf internasional, Jababeka Residence memiliki President University dengan jumlah total 7.000 mahasiswa dan hampir 10 persen merupakan mahasiswa asing. Selain itu 10 menit dari Jababeka Residence akan dibangun sekolah Jepang seluas 5 hektar.

“Hal ini memungkinkan sang ayah bekerja di kawasan Kota Jababeka dan sekitarnya, sementara anak bersekolah di institusi pendidikan yang mengedepankan budaya Jepang dan Ibu bisa berbelanja di mall atau area komersial yang menjual kebutuhan warga Jepang, dengan adanya proyek Mayfair Plaza Indonesia Jababeka, Japanese Mall (Little Tokyo Jababeka), dan Japan Village,” tambahnya

Setelah hampir 30 tahun, kawasan Jababeka telah berkembang menjadi kota mandiri dengan lebih dari 1.700 perusahaan multinasional dari 30 negara di wilayah yang luas totalnya mencapai 5.600 hektar. Manajemen menilai bahwa pengembangan kawasan Jababeka sudah layak menyasar kalangan atas dan ekspatriat. “Kami akan menambah lagi pengembangan-pengembangan berskala internasional, sehingga kawasan Jababeka akan semakin dilirik investor.”

Prospek investasi Kawana Golf Residence didukung oleh beberapa faktor, antara lain keberadaan 7 kawasan industri besar di Cikarang yang menjadi tempat bekerja bagi 10.000 ekspatriat. Selama 2 tahun terakhir, PDB wilayah Cikarang mencapai Rp 150 triliun, sehingga menyediakan captive market untuk bisnis sewa properti di kawasan tersebut.

Faktor kedua adalah jaringan infrastruktur transportasi di dalam dan sekitar kawasan Jababeka Residence. Untuk mengakomodasi kepentingan bisnis ekspatriat, kawasan industri Jababeka memiliki layanan transportasi helikopter Jakarta Heli Club. Selain itu, kawasan Jababeka juga menjadi fokus pengembangan infrastruktur transportasi seperti elevated toll road Jakarta-Cikampek yang akan beroperasi pada 2019, perpanjangan jalur LRT sampai Cikarang dan pembangunan MRT Transit Oriented Development di pusat CBD Jababeka. Pembangunan infrastruktur tersebut melengkapi 3 akses pintu tol Cikarang dan Stasiun KRL Commuter Line yang hanya berjarak tempuh 15 menit dari kawasan Jababeka.

“Respons dari investor dan agen properti terhadap Kawana Golf Residence sangat luar biasa, terbukti launching Kawana Golf Residence Tahap 2 pada tanggal 11 Maret 2018 berhasil terserap sebanyak 92 unit dari total 104 unit dengan nilai sebesar Rp 115 miliar. Sehingga, total penjualan Kawana Golf Residence dengan total keseluruhan 234 unit berhasil terserap sebanyak 95 persen, dengan nilai total penjualan mencapai Rp 265,1 miliar,” kata Direktur PT Jababeka Creed Residence, Handoyo Lim.

Jababeka Residence akan segera melakukan pemasangan tiang pancang pada April 2018 dan pembangunan Tower I Kawana Golf Residence diharapkan selesai dalam jangka waktu 24 bulan, sehingga dapat segera memenuhi kebutuhan ekspatriat di Cikarang dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *